Senin, 10 September 2012

sate blengong *KULINER KHAS BREBES*


sate blengongJika kita di tanya tentang brebes pasti yang terlintas pertama kali adalah telur asin, itu tidak salah tetapi juga tidak selalu benar karena di brebes ternyata ada makanan lain yang rasanya sangat nikmat dan mak nyus tentunya. Namanya adalah sate blengong .dan bagi anda penikmat sate harus mecoba karena sate blengong berbeda dengan sate madura atau sate yang lainnya.

Blengong adalah sejenis unggas dari persilangan antara bebek dan mentok. Blengong memiliki rasa yang tidak amis di bandingkan dengan bebek. Sate blengong pada awalnya adalah menggunakan daging bebek yang sudah tidak produktif untuk bertelur lagi, tetapi karena kebutuhan bebek untuk makanan ini makin tinggi makanya sekarang di budidayakan blengong.

Dari segi penyajian sate blengong cukup berbeda dengan sate-sate pada kebanyakan. Tusuk Sate Blengong berasal dari batang bambu yang ukurannya lebih besar dan panjang. Potongan daging Blengong juga cukup besar dan banyak dalam satu tusuk sehingga dalam satu porsi sate blengong biasanya hanya terdapat dua buah tusuk saja.

sate blengong ini tetap dibakar diatas bara api seperti membakar sate madura atau lainnya, namun sebelumnya dilakukan perebusan daging blengong terlebih dahulu agar lebih empuk dan bumbunya lebih meresap. Sedangkan untuk kuahnya berasal dari santan dan bumbu dapur yang mirip kuah opor. klik disini untuk resep dan cara membuatnya.

sate blengong ini juga bisa kita temukan di tegal dan biasanya di santap dengan kupat glabet dan bagi anda yang takut dengan kolestrol tinggi tidak usah khawatir dengan makanan ini karena keduanya adalah makanan yang rendah kolestrol, jadi aman di makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share To