Rabu, 05 September 2012

5 Barang Kenangan Apple yang Dihargai Mahal

 
Jakarta - Apple dikenal sebagai perusahaan termahal di dunia dengan produk yang tak kalah mahal pula. Bahkan harga tinggi yang dijual oleh perusahaan ini selalu konsisten dibanderol hingga saat ini. Meski begitu, tetap saja apa yang dijual Apple sebagian besar laku dijual.

Bila Anda berpikir iPad, MacBook atau malah mungkin iPhone 5 yang besar kemungkinan akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai produk Apple paling mahal yang pernah dibeli oleh konsumen.

Ternyata jawabannya salah! Sebab justru produk lawas yang merupakan produk lama dari generasi awal ketika perusahaan ini berdiri yang bernilai sangat tinggi.

Walau boleh dibilang termasuk kategori barang kenangan, namun setidaknya 5 barang Apple ini masih layak dihargai mahal. Apa saja produk tersebut? Simak rangkumannya yang detikINET sadur dari CNN, Rabu (5/9/2012).

1. Dokumen perjanjian

Dokumen perjanjian kerja sama yang berisi awal dibangunnya Apple ternyata mampu dilelang dengan nilai fantastis, yakni USD 1,6 juta atau sekitar Rp 15 miliar.
Padahal saat pertama kali dilelang oleh rumah lelang Sothebey, perkiraan nilai yang bakal dibeli tidak kurang dari USD 150 ribu saja.

Dokumen ini sendiri berisi perjanjian yang terdiri dari tiga halaman. Di dalamnya berisi mengenai pembagian saham Apple dengan komposisi 45% untuk Steve Jobs dan Steve Wozniak, lalu 10% dibagikan ke Roy Wayne yang tidak sampai 11 hari sudah dijual.

Surat perjanjian ini ditandatangani oleh ketiga pendiri Apple tersebut pada tanggal 1 April 1976. Bila melihat nilai sejarahnya, wajar bila nilai dokumen tersebut sedemikian mahal.

2. Apple I

Ternyata Apple I bukanlah satu-satunya produk lawas Apple yang pernah dilego oleh rumah lelang. Selain Christie, rumah lelang lainnya -- Sotheby -- juga menawarkan komputer kuno ini.

Awalnya rumah lelang Sotheby mengharapkan Apple I miliknya bakal laku sekitar USD 180 ribu -- mengingat Christie cukup sukses melelang Apple I dengan harga USD 212 ribu termasuk surat yang ditandatangani Steve Jobs.

Namun pada kenyataanya, Apple I yang dilelang Sotheby justru berhasil menarik harga lebih mahal, dengan nilai USD 374.500 atau sekitar Rp 3,6 miliar.

3. Logo Apple

Apple terkenal juga dengan logonya yang gampang diingat, yakni sebuah buah Apel groak. Sebelum menggunakan logo yang sekarang, Apple beberapa kali mengganti logonya. Beberapa logo yang dibuat pun bahkan berhasil menghasilkan nilai yang fantastis.

Salah satunya logo ikonik Apple hasil kreasi tangan artis Andy Warhol yang sukses terjual USD 26.000 atau sekitar Rp 248 juta di tahun 2009. Logo Apple klasik dengan warna pelangi yang dicetak ini menarik perhatian para penggemar Warhol pun juga fans berat Apple.

4. Plang Pertama Apple Inc

Awalnya plang pertama yang digunakan untuk mempromosikan perusahaan Apple untuk pertama kalinya pada tahun 1976 ini sempat dibuang oleh Steve Jobs ke tong sampah.
Sebelum akhirnya Thomas Ligget Jr, yang merupakan karyawan Apple mengambilnya untuk disimpan.

Tak diduga saat dia melelangnya pada tahun 2008, plang penanda berbahan kayu yang sempat dipajang di kantor pusat Apple di Cupertino ini malah laku USD 18 ribu atau sekitar Rp 172 juta.

5. Toolbox Steve Wozniak

Ini toolbox sederhana yang banyak digunakan. Namun ini bukan toolbox sembarangan karena pemiliknya adalah pendiri Apple Steve Wozniak, bahkan namanya tercantum pada label kuning.

Semua insinyur Apple pada tahun 1970 diberi kotak alat perkakas biru ini, tetapi ketika Woz berhenti menggunakan, ia meninggalkannya tergeletak di sekitar kantor pusat perusahaan. Thomas Liggett, yang menjadi kolektor kenang-kenangan Apple dan juga karyawan, meminta kepada Woz agar bisa memiliki kotak itu.

Dilelang pada tahun 2009, kotak logam ini dikira bakal terjual USD 2.000, namun malah bernilai USD 7.000 atau sekitar Rp 66 juta.

http;//detikinet.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share To