Sabtu, 05 Mei 2012

Cara Membuat Stempel Lingkaran Dengan Photoshop



Tutorial Photoshop kali ini saya akan mencoba membuat gambar stempel berbentuk lingkaran dengan Photoshop. Kenapa memakai Photoshop? Bukankah lebih baik jika menggunakan Corel Draw? Ya, benar sekali. Memang sebenarnya untuk membuat stempel alangkah lebih baiknya jika dikerjakan menggunakan software pengolah gambar berbasis vektor seperti Corel Draw dan lain sebagainya. Lalu kenapa kali ini saya mencoba membuatnya menggunakan Photoshop yang pada dasarnya adalah software pengolah gambar berbasis bitmap? 

Tutorial Photoshop cara membuat stempel berbentuk lingkaran ini saya buat sebagai alternatif saja bagi anda belum bisa menggunakan Corel Draw ataupun software pengolah gambar vektor lainnya, namun disisi lain anda cukup menguasai Photoshop. Berikut ini tutorial Photoshop cara membuat stempel berbentuk lingkaran. Semoga bermanfaat. Namun sebelumnya saya minta maaf karena kualitas gambarnya kurang begitu bagus.
Langkah 1
Buat lembar kerja baru. Klik File -> New -> ukuran 400px X 400px -> Background Contens pilih Transparent -> OK. Buat satu titik kecil ditengah-tengah dengan warna hitam menggunakan Brush Tool.
Langkah 2
Buat layer baru di atasnya. Klik menu Layer -> New -> Layer… Buat lingkaran dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool. Tekan Shift pada keyboard untuk mendapatkan bentuk lingkaran yang sempurna. Klik kanan -> pilih Transform Selection. Pastikan titik tengahnya tepat pada titik hitam yang telah kita buat tadi dengan cara menekan tombol arah pada keyboard, geser hingga titik tengah pada transform selectionnya tepat di tengah-tengah titik hitam. Kira-kira sudah pas tekan Enter.
Lalu Beri warna putih dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Selanjutnya klik menu Layer -> Layer Style -> Stroke… masukkan nilai 3px pada size. Untuk color ganti dengan warna hitam. Klik OK. Tekan Ctrl + D pada keyboard untuk menonaktifkan Elliptical Marquee Tool. Ubah blending modenya menjadi color supaya titik hitamnya (sebagai patokkan/titik tengah) kelihatan.
Langkah 3
Buat layer baru lagi di atasnya (di atas layer 2). Klik menu Layer -> New -> Layer… buat lingkaran lagi yang lebih kecil dari lingkaran yang pertama. Carannya sama dengan langkah 2. Jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar berikut.
Langkah 4
Sekarang kita membuat lingkaran lagi tapi dengan teknik path. Teknik ini digunakan untuk membuat teks supaya melingkar/mengikuti pada lingkaran/path yang telah kita buat. Caranya buat layer baru lagi, aktifkan Ellipse Tool pada option bar pilih tanda path. Selanjutnya buat lingkaran sedikit lebih besar dari lingkaran yang berada di dalam. Tekan shift untuk mendapatkan bulat sempurna. Untuk mempermudah membuat lingkaran supaya tepat berada di tengah-tengah klik kanan -> pilih Free Transform Path. Sambil menyesuaikan bentuk lingkaran tekan shift pada keyboard agar lingkaran tetap bulat. Dan pastikan titik tengahnya berada tepat pada titik hitam.

Langkah 5
Buat layer baru lagi di atasnya. Sekarang kita akan membuat teks mengikuti lingkaran path yang telah kita buat. Caranya klik Horizontal Type Tool kemudian dekatkan cursor pada lingkaran path hingga muncul tanda garis bengkok. Selanjutnya klik dan tulis kata-kata yang diinginkan namun hanya sampai setengah lingkaran saja ya. Hehehe jangan lupa gunakan font dan ukuran yang pas. Saya menggunakan teks “KUMPULAN TUTORIAL PHOTOSHOP” font Segoe UI ukuran teksnya 35 dan saya beri ketebalan (Bold).
Langkah 6
Gunakan Path Selection Tool untuk menggeser posisi teks. Caranya dekatkan cursor pada lingkaran kecil pada path hingga ada tanda panah ke atas, kemudian geser pada posisi yang di inginkan. Selanjutnya dekatkan cursor pada teks hingga muncul tanda panah ke bawah, kemudian tarik/geser.
Langkah 7
Buat layer baru. Buat dua tanda pemisahnya. (ingat setiap saat anda memulai membuat design usahakan selalu membuat pada layer baru) Terserah anda mau dikasih tanda pemisahnya apa, kalau saya pakai brush bintang saja. Caranya klik brush tool selanjutnya cari gambar brush yang berbentuk bintang kalau gak ada kasih saja brush bentuk lingkaran hahahaha. Karena warnanya kurang tajam saya tambahkan stroke. Klik Layer -> Layer style -> Stroke… sizenya masukkan 1px -> OK. Tekan Ctrl + T pada keyboard untuk memutar brush bintang supaya ada sedikit variasi brushnya.
Langkah 8
Buat layer baru lagi. Buat lingkaran path seperti pada langkah 4 namun lebih besar. Buat lingkaran Path sejajar dengan bagian atas teks.
Langkah 9
Ulangi langkah 5 bedanya cuma pada tulisannya saja, kalau pada langkah 5 menggunakan teks “KUMPULAN TUTORIAL PHOTOSHOP” sedangkan pada langkah 9 menggunakan teks “DUKUN DESIGN”. Jadinya seperti gambar berikut Hehehe
Langkah 10
Langkah selanjutnya adalah membuat teks “DUKUN DESIGN” berada di dalam lingkaran sejajar dengan teks “KUMPULAN TUTORIAL PHOTOSHOP”. Caranya klik Path Selection Tool kemudian tarik/drag ke arah dalam lingkaran. Sampai di sini anda mungkin akan mendapatkan teks menjadi berdempetan untuk mengatasinya saya tinggal memberinya jarak spasi saja dengan menekan tombol spasi pada keyboard.
Langkah 11
Karena jarak antara lingkaran luar dan teks terlalu jauh maka kita perlu mengeditnya lagi (memperkecil ukuran lingkaran luar) caranya aktifkan layer 2 (gambar lingkaran luar) tekan Ctrl + T pada keyboard lalu sesuaikan ukurannya, jangan lupa sambil menekan Shift untuk menjaga kebulatan lingkarannya. Pastikan tepat di tengah.
Langkah 12
Buat layer baru. Buat garis di tengah lingkaran dengan rectangle tool. Klik Rectangle Tool kemudian pada option bar pilih/aktifkan tanda path. Selanjutnya bikin kotak seperti gambar berikut ini.
Langkah 13
Selanjutnya klik Brush Tool pilih brush berbentuk lingkaran yang tebal (hardness 100%) ubah sizenya menjadi 1px. Jika sudah, kembali lagi aktifkan Rectangle Tool -> klik kanan pilih Stroke Path… akan muncul dialog Stroke Path ubah toolnya menjadi Brush -> hilangkan tanda cek/centang pada Simulate Pressurenya -> klik OK. Setelah itu klik menu Layer -> Layer Style -> Stroke… ubah nilai sizenya menjadi 1px -> Colornya hitam -> OK.
Langkah 14
Klik Pen Tool -> klik kanan -> pilih Delete Path (untuk menghilangkan garis path). Aktifkan Erase Tool, hapus bagian yang tidak diinginkan.
Langkah 15
Buat teks “DESIGNER GRAFIS” menggunakan Horizontal Type Tool tempatkan pada posisi seperti tampak pada gambar berikut. Ukuran dan fontnya disesuaikan selera anda sendiri saja ya, yang penting pas. Selesai.
Sampai di sini dulu tutorial photoshop cara membuat stempel berbentuk lingkaran dengan Photoshopnya. Untuk menyempurnakannya anda bisa menambahkan teks di bagian yang masih kosong, ataupun menambahkan logo, gambar dan lain sebagainya. Untuk menghilangkan titik hitam di tengah anda tinggal menghilangkan tanda mata yang ada pada layer 1.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share To