Senin, 24 September 2012

WEDANG UWUH, MINUMAN SEHAT PENGHANGAT TUBUH


Bagi anda yang gemar akan minuman hangat, terlebih disaat musim dingin seperti sekarang ini, mungkin tak ada salahnya anda mencoba minuman yang satu ini. Adalah wedang uwuh, yang dalam bahasa jawa artinya wedang sampah tersebut, ternyata kini banyak digemari banyak orang.

Berbeda dengan ragam minuman tradisi masyarakat jawa yang menyehatkan seperti wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, dan sebagainya. Wedang uwuh ini merupakan perpaduan dari minuman-minuman penghangat tubuh tersebut,

Wedang uwuh memiliki khasiat sangat menyehatkan, terlebih disaat cuaca dingin seperti sekarang ini. Bagaimana tidak, berbagai jenis rempah-rempah seperti jahe, serutan kayu secang, kayu manis, cengkih, daun pala, batang sereh, daun jeruk, dan gula batu, menjadi isi kandungan dari wedang uwuh.

Meski wedang uwuh merupakan minuman khas Imogiri, Bantul, Yogjakarta, namun di Gombong serta di beberapa wilayah lain sekitar Yogyakarta , wedang uwuh menjadi minuman favorit, tidak hanya untuk kalangan orang tua, dikalangan anak muda pun wedang ini banyak diburu karena kehangatannya.

Proses meracik wedang uwuh sangat sederhana. Rempah-rempah seperti jahe, secang, kayu manis, cengkih, daun pala, batang sereh, daun jeruk, dan gula batu disiapkan. Sebelum di seduh, jahe terlebih dahulu dibakar agar mengeluarkan bau harum, barulah racikan wedang uwuh diseduh dengan air panas. Wedang uwuh pun siap disajikan. Harganya cukup murah, yakni untuk satu gelasnya hanya 2500 Rupiah saja.

sumber : berita86.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share To